#

Usir Wartawan, Camat Dan Walikota Bekasi Di Minta Tegur Lurah Bekasi Jaya

KOTA BEKASI – Tindakan tidak terpuji yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap seorang wartawan kembali terjadi.

Kali ini dilakukan oleh Lurah Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi yang mengusir seorang wartawan media online yang tengah melakukan peliputan pemilihan Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang diadakan di Aula Kantor Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Sabtu (3/4/2021).

Tanpa alasan yang jelas, Lurah Bekasi Jaya memerintahkan seorang anggota Pelindung Masyarakat (Linmas) untuk menyuruh wartawan keluar dari dalam aula tempat berlangsungnya kegiatan pemilihan Ketua BKM-KSM.

BACA JUGA  Wow!!! Jalan Menuju Kantor Bupati Bekasi Di Biarkan Rusak

“Maaf bang, tolong keluar dari aula disuruh pak lurah,” kata Parlin yang menirukan ucapan anggota linmas itu.

Tindakan Lurah Bekasi Jaya yang menyuruh anggota Linmas berinisial TG untuk mengusir wartawan yang sedang melakukan tugas jurnaliatik, sama artinya merampas Kemerdekaan Pers yang telah di atur dalam Undang Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, Pasal 4 ayat 1 yang menyatakan bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara.

BACA JUGA  BST Tahap XI Kembali Di Terima Warga Wanasari

“Tindakan lurah ini sudah diluar batas kewajaran dan sama artinya merampas Kemerdekaan Pers yang mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi,” tegasnya.

Untuk mencari jawaban atas pengusiran dirinya, Parlin langsung menemui Lurah Bekasi Jaya, Ngadino yang tengah duduk bersama para tamu undangan.

Namun Lurah Bekasi Jaya tersebut berkelit dan mengatakan bahwa dirinya tidak mengusir wartawan.

BACA JUGA  Antisipasi Dan Deteksi Bencana Alam Sedini Mungkin, Pemdes Tridayasakti Bentuk Destana

“Saat kita tanyakan langsung ke dia (Lurah Bekasi Jaya,red) soal alasan pengusiran, dia malah berkelit,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar Camat Bekasi Timur dan Walikota Bekasi untuk segera menegur Lurah Bekasi Jaya tersebut.

“Agar tidak ada preseden buruk antara aparatur negara dengan insan media, saya berharap agar Pak Walikota dan Camat Bekasi Timur untuk menegur Lurah Bekasi Jaya itu atas tindakan dan sikap tak terpujinya,” pungkasnya. (red)