#

Yayasan At-Taufiq, Cahaya Illahi Di Utara Bekasi

HABIS gelap terbitlah terang, sepertinya sangat pantas kalau pribahasa itu diberikan pada Kampung Galian Sasak, Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi sebuah kampung yang ada di ujung Kabupaten Bekasi.

Pasalnya, berdasarkan cerita dan penuturan masyarakat yang ada didaerah itu, sebelum kedatangan seorang ulama dari tanah Betawi Jakarta yang bernama KH.Muhammad Zaeni Syah. Kehidupan masyarakat setempat masih jauh dari norma dan nilai-nilai ajaran agama islam.

Namun, setelah hadirnya ulama yang bernama KH.Zaeni Syah dikampung tersebut, sedikit demi sedikit kehidupan masyarakat pun berubah, terutama dalam soal ahlaq dan pengetahuan agama islam.

BACA JUGA  Miris..! APBD Hampir Menyentuh 7 Trilyun Tapi Banyak Sekolah Di Kabupaten Bekasi Tidak Memiliki Mebelair

Singkat kata, pada tahun 1981 KH.Zaeni Syah bersama istrinya Umi Siti Jubaedah membangun sebuah tempat pendidikan untuk mendidik ahlaq masyarakat, serta untuk belajar pengetahuan agama islam, yang bernama Pondok Pesantren At-Taufiq Siirul Ghuyub. Sehingga, Yayasan At-Taufiq Siirul Ghuyub laksana Cahaya Illahi di ujung Bekasi.

Adapun didirikannya Yayasan Pondok Pesantren At-Taufiq Siirul Ghuyub yang pola pendidikannya dipadukan antara pendidikan Formal dan Non Formal tersebut oleh KH.Zaeni Syah, tujuan utamanya demi terbentuknya karakter pemimpin yang bertaqwa,berahlaq mulia dan mandiri secara ekonomi.

BACA JUGA  Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemdes Lambangsari Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Dan Magoot

Seiring waktu, sepeninggal almarhum KH.Zaeni Syah, saat ini estafet perjuangan diteruskan oleh putra almarhum, yakni Ustad Muhammad Elam Taufiq Hidayat,S.Pd.i yang dibantu oleh assatidz dan Assatidzah sebagai pengurus harian.

PERPADUAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL

Yayasan Pondok Pesantren At-Taufiq Siirul Ghuyub, tidak hanya memberikan pendidikan sistem pesantren saja. Akan tetapi juga memberikan pendidikan sistem sekolah umum yang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian (SMKP).

BACA JUGA  Yahib Bekasi Kembali Mewisuda Puluhan Santriawan Santriawati

Yayasan At-Taufiq yang beralamat di Jalan Raya Sukakerta No 5. RT.001 RW002, Kampung Galian Sasak, Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi mempunyai visi membina ahlaq, meraih prestasi, berwawasan global yang dilandasi nilai-nilai budaya luhur sesuai ajaran agama.

Serta mempunyai misi menanamkan keyakinan akidah melalui pengalaman ajaran agama, meningkatkan mutu pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan generasi yang bermoral kreatif dan maju.

Perlu diketahui, bahwa Yayasan Pondok Pesantren At-Taufiq dari tahun ketahunnya telah melahirkan dan meluluskan ribuan generasi muda intelektual dan berahlaqul karimah. (jae)