#

Mahasiswa FE Unsika Gelar Seminar Pelatihan UMKM Disela Kegiatan KKN

KARAWANG – Disela kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Fakultas EkonomiĀ  Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menggelar kegiatan seminar Pelatihan Dan Pendampingan UMKM.

 

Kegiatan seminar tersebut diadakan di aula Kantor Desa Jayamulya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang pada beberapa hari yang lalu.

 

Dimas Ikbar Adhi N selaku ketua koordinator KKN UMKM Desa Jayamulya mengatakan, bahwa kegiatan seminar tersebut untuk membuka daya saing dan pengembangan Produk UMKM yang bersekala kecil.

BACA JUGA  Jalin Silaturahim,Ratusan Alumni Annida Al Islami Kota Bekasi Gelar Temu Kangen

 

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan, melatih dan sekaligus mendampingi para pelaku UMKM di Desa Jayamulya dalam memperoleh legalitas produk, serta mengembangkan produknya dengan memanfaatkan sosial media sebagai alat untuk memperluas jaringan pemasaran Dan membuka daya saing,” ucapnya.

 

Dalam kegiatan seminar ini kelompok UMKM memaparkan 4 materi, yaitu mengenai tata cara dalam memperoleh P-IRT, NIB dan label halal untuk legalitas sebuah produk, perlunya melihat informasi nilai gizi pada produk yang akan dikonsumsi, menjadi pembisnis yang baik dengan mengikuti syariat islam, dan mengenai pemanfaatan sosial media dan online shop dalam memperluas pemasaran produk.

BACA JUGA  Sebagai Penghormatan, Rektor UIN Bandung Lantunkan Do'a Di Pusara KH.Nurul Anwar

 

Sementara di tempat yang sama Reminta Lumban Batu, S.Pd., M.M. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UNSIKA menjelaskan, bahwa mendirikan sebuah usaha bukanlah hal yang sulit, hal itu bisa dimulai dengan memanfaatkan peluang yang ada untuk menjadikan sebuah bisnis

 

” Mendirikan usaha bukanlah hal yang sulit, kita bisa mulai melihat peluang dan berani memulai usah” ujarnya.

BACA JUGA  Selaraskan Kompetensi Kelulusan, FKIP Unisma "45" Bekasi Gelar Kursus Mahir Dasar

 

Dirinya berharap UMKM di Desa Jaya Mulya semakin Berkembang pesat dan naik kelas, serta menjadi UMKM yang handal dalam memanfaatkan peluang. (SAHRUL)