Ratusan Mahasiswa Se Jabar-Banten Laksanakan KKNT LLDIKTI IV Tahun 2022

BANTEN,radarberingin.net – Ratusan mahasiswa dari 14 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Jawa Barat dan Banten melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik LLDIKTI IV Tahun 2022.

Salah satunya kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Cibaliung, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Adapun tim KKN Tematik yang bertugas di Desa Cibaliung itu berjumlah 18 orang yang berasal dari 14 perguruan tinggi berbeda di Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Mahasiswa dari Universitas Pelita Bangsa, Universitas Islam 45 Bekasi, dan Universitas Bina Insani merupakan perwakilan mahasiswa yang datang terlebih dahulu ke Desa Cibaliung.

Kemudian pada hari selanjutnya mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Bandung, Universitas Al – Khairiyah, Universitas Bina Bangsa, Universitas Pamulang, Unversitas Mathla’ul Anwar Banten, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Banten Raya pun telah tiba di posko KKNT yang berada di Desa Cibaliung.

Sedangkan Universitas Perjuangan, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang, Universitas Kristen Maranatha, dan STKIP Setia Budhi Rangkasbitung menjadi peserta terakhir yang bergabung di posko KKNT Desa Cibaliung.

Program KKN Tematik LLDIKTI IV 2022, diikuti secara sukarela oleh 106 perguruan tinggi dari Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Lebih dari 500 mahasiswa terlibat langsung dalam program membangun desa pada lebih dari 30 desa di Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Kedatangan para mahasiswa tersebit disambut baik oleh Kepala Desa Cibaliung, Empud Nahrowi, bahkan sampai memberikan tempat singgah bagi para mahasiswa selama masa kegiatan KKNT berlangsung.

“Desa kami sering kedatangan mahasiswa KKN, tapi semenjak adanya pandemi covid-19, Desa Cibaliung belum lagi kedatangan mahasiswa yang KKN,” ucapnya.

Program membangun desa melalui KKN Tematik, dibentuk sebagai wadah kolaborasi bagi mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi dengan pemerintah daerah serta masyarakat.

Ketua Pelaksana Program KKN Tematik LLDIKTI IV Tahun 2022, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M. Pd mengatakan, kekuatan terbesar Indonesia adalah generasi muda.

“Kekuatan terbesar yang dimiliki negara kita tercinta adalah generasi muda. Muda berkarya, besar dikenang bangsa. Para mahasiswa di berbagai perguruan tinggi Jawa Barat dan Banten mewujudkannya dalam sebuah gerakan nyata, yakni KKN Tematik Membangun Desa,” katanya.

Pelaksanaan KKN Tematik merupakan implementasi dari kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbutristek) Indonesia tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Program ini merupakan amanah dari berbagai aturan di perguruan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu lulusan pendidikan tinggi.

Melalui program KKN Tematik ini, diharapkan dapat menjalin hubungan yang baik antara mahasiswa dan dosen, pemerintah daerah, serta masyarakat desa sebagai sarana pembangunan desa tertinggal di Provinsi Jawa Barat dan Banten. (SAHRUL)

 

__Terbit pada
28 Juli 2022
__Kategori
Pendidikan