#
Sosok  

David Hidayat Aktifis Lingkungan Diganjar Penghargaan Oleh PT Astra Internasional

GERAKAN Sosial Anak Desa Sungai Pinang atau Andespin buat David Hidayat menerima apresiasi Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2022.

David Hidayat merupakan pemuda asli Sungai Pinang ini, menjadi salah satu generasi muda yang memberikan perubahan besar di bidang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Bentuk perubahan yang ia lakukan adalah dengan mendirikan Organisasi Anak Desa Sungai Pinang atau Andespin Deep West Sumatera, dimana ia memberikan edukasi dan mendorong warga setempat untuk menanam kembali terumbu karang, mangrove, serta penangkaran penyu dan membudidayakan rumput laut.

BACA JUGA  Bermodal Puluhan Juta Rupiah, Mobil Tanki Di Sulap Jadi Mobil Yang Unik Dan Ngetrend

Menurut David, keputusannya mendirikan Organisasi Anak Desa Sungai Pinang atau Andespin, dirinya melihat banyak masyarakat yang masih menggunakan alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan dan kurangnya edukasi masyarakat akan pemanfaatan lingkungan, sehingga masyarakat kehilangan banyak potensi alam di daerahnya.

Program yang pertama kali digagas melalui andespin tersebut adalah kegiatan konservasi ekosistem pesisir laut Sungai Pinang serta pemberdayaan ekonomi masyarakat yang mana bertujuan untuk memberikan hal-hal positif untuk lingkungan baik generasi muda hingga masyarakat secara umum melalui berbagai kegiatan di dalamnya.

Melihat betapa banyak potensi kelautan dan perikanan yang belum dimaksimalkan, menggerakkan hati David Hidayat untuk mengatasi hal tersebut dengan membentuk organisasi yang beranggotakan pemuda Nagari Sungai Pinang di kampung halamannya yang selanjutnya disebut Andespin yang telah ia mulai sejak tahun 2014 hingga sekarang menjadi pekerjaan utamanya.

BACA JUGA  Lebih Dari Delapan Ratus Orang Yatim Dan Dhu'afa Di Satriajaya Terima Santunan Dari Pengusaha Sukses

Berkat kegggigihan dan kerja kerasnya, David berhasil menyabet penghargaan SATU Indonesia Awards pada tahun 2022 yang digelar oleh PT. Astra International Tbk (ASTRA) sebagai wujud apresiasi terhadap para pemuda Indonesia berusia sampai 35 tahun dengan kegiatan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi yang berdampak positif bagi masyarakat luas.

BACA JUGA  Gegara Buah Sukun Kader HMI Di Ganjar Juara I Sebagai Pemuda Pelopor Oleh Disbudpora

Sebagai informasi tambahan, bahwa nama ‘SATU’ diambil dari empat kata gabungan yaitu Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia.

Kompetisi yang penyelenggaraannya dimulai pada tahun 2010 hingga kini masih tetap berjalan dengan peserta yang berjumlah ribuan orang.

SATU Indonesia dicanangkan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober sebagai wujud peran aktif Grup Astra memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu yang memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.(SAHRUL)