#

Tingkatkan Kapasitas Dan Fungsi, FBPD Kabupaten Bekasi Gelar Bimtek

BEKASI – Lebi kurang 300 orang anggota BPD dari 180 desa se Kabupaten Bekasi mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diadakan oleh Forum BPD Kabupaten Bekasi di Ballroom Papandayan, Metland Tambun Selatan, Rabu (21/12/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas dan optimalisasi fungsi BPD di wilayah Kabupaten Bekasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum, DPMD Jawa Barat, Kementerian Desa. Sedangkan narasumber pemateri dari Kemendagri.

BACA JUGA  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Setia Mekar Kembali Lakukan Penyemprotan Disinpektan

Ketua FBPD Kabupaten Bekasi, H Karno,S.Pd mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan yang diikuti oleh perwakilan dari ketua dan anggota sebagai peserta.

“Total peserta yang hadir berjumlah 306, terdiri dari ketua dan perwakilan anggota,” katanya.

Karno mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2014.

BACA JUGA  Camat Minta Para Kades Untuk Melaporkan Data Terbaru Soal Penanganan Covid-19

Dalam sambutannya kepada peserta, ia juga menyampaikan arahan terkait Keputusan Gubernur Jawa Barat tentang bantuan keuangan (Bankau), yang didalamnya terdapat anggaran untuk peningkatan kapasitas BPD.

“Untuk peningkatan kapasitas, BPD diharapkan wawasan, kapasitas dan pengetahuan tentang regulasi, kinerja serta tupoksi BPD dapat meningkat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Karno menjelaskan, kegiatan ini difokuskan bagaimana optimalisasi sesuai dengan tema yakni “Optimalisasi Peran Fungsi dan Tugas BPD Dalam Mewujudkan Desa Juara, Jabar Juara, Indonesia Juara”.

BACA JUGA  Gubernur Jabar Sebut Kota Bekasi Paling Taat Menerapkan Prokes

Hal tersebut, sesuai dengan arahan Wakil Gubernur Jawa Barat yang menegaskan bahwa BPD jangan diam dan harus proaktif. Karena pemerintahan di desa didalamnya ada pemerintah dan BPD.

“Ini arahan yang disampaikan pak Wagub untuk mendorong dan memotivasi BPD,” tutupnya.(JAE)